Kamis, 27 Juni 2013

The leftovers chicken -> bonchon

Sudah lama tidak posting memposting tentang makanan. Am i quit from cooking ? Definitely NO. Saya masih memasak, hanya saja tidak sempat memomenkan untuk diposting di blog. Nah, kali ini saya mau membahas mengenai korean wave yang sedang merajalela serta hubungannya dengan makanan yang ada. Yaitu adalah bon chon chicken. Outletnya sudah ada beberapa di Jakarta dan menurut saya enak rasanya. Terutama adalah kerenyahan dan garing yang diberikan si produk.

Nah, sedikit survei kecil-kecilan, ternyata temen-temen saya yang pernah nyobain juga banyak yang suka. Namun, komplain dari kita-kita adalah harganya yang cukup mahal untuk ukuran sekecil gitu. Masyarakat kita terbiasa makan ayam goreng besar-besar dengan harga 20.000-30.000an per net apabila di mall. Nah besarnya porsi inilah yang tidak diberikan bon chon.

Pastinya kalau sudah masuk ke gerai, ada yang sudah expose resepnya seperti apa kan. Walaupun tidak persis setidaknya mendekati. Saya akhirnya buka buka youtube dan menemukan rahasia kegaringannya adalah proses penggorengan selama dua kali. Kemudian dibubuhi bumbu yang berwarna merah semi spicy pada tahap akhir.

Karena pingin nyoba tapi belum beli ayamnya. Terbersitlah ide untuk mengolah ayam sisa masak kemarin atau disebut dengan leftovers. Disini saya tidak menyoroti kandungan gizi bonchon ya. Hari gini digoreng dua kali, kalorinya berapa banyak? hahaha...

Jadi inilah resepnya:

Bahan:
AYAM
4 potong ayam
2 cup tepung terigu
1 cup tepung maizena
Minyak untuk menggoreng dengan metode deep fried

 BUMBU
4 siung bawang putih
3 sdm saus tomat
1 sdm cuka apel
1 sdm air gula (yang biasa untuk jus)
secukupnya lada

Step:
- campur semua tepung ke dalam plastik dan masukan ayam
- aduk hingga ayam diselimuti oleh tepung
- panaskan minyak, lalu celupkan selama lima menit (karena sudah matang sebelumnya)
- angkat biarkan dingin
- masukan lagi  si ayam selama lima menit hingga garing

untuk saus
- panaskan sedikit minyak goreng
- masukan bawang putih hingga harum
- masukan saus tomat, cuka apel, air gula, dan lada
- masak hingga agak mengental (jangan sampai gosong)

Sajikan ayam dan lapisi dengan saus bonchon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar