Kamis, 27 Juni 2013

Babi haram. Kenapa yah?

Postingan ini tidak akan memberikan jawaban yang komplit. Yang saya tahu waktu SD, daging babi penuh dengan cacing pita. Ada lagi yang bilang babi gak punya leher. Terus katanya terakhir ada yang bilang kalau DNA babi sama dengan DNA manusia. Bahkan organnya bisa ditransplantasiin. Iih masa iya, ntar ngoik2. Wallahualam. Gak tau lah, knapa sampai sekarang gak boleh.

Pengalaman makan babi pastinya pernah. Kalau diasap baunya gak enak. Apalagi kalau dibakar di jalan-jalan baunya gak suka banget. Pengalaman sewaktu di Thai atau Cina. Mungkin sama halnya dengan orang vegetarian yang nyium bau daging sapi. Udah enek. Memori enaknya uda dibuang jauh-jauh.

Oya, kalau tidak salah dipelaharan fiqih, kalau masak babi di tempat yang sama juga gak boleh. Nah ini saya agak bingung. Secara dalam ilmu permasakan, gak mungkin daging Babi akan dimasak seloyang dengan seafood atau ayam. Kenapa? Rasanya bakal blend dan gak enak. Ibaratnya si babi itu adalah daging sapi. Tempat masaknya pasti beda. Terkecuali jaman dulu, dimana ilmu orang-orang masih cetek atau jualannya di pinggir2 jalan. Walaupun menghindari hal yang belum pasti lebih baik daripada coba-coba. Gitu katanya.

Nah, balik ke pengalaman saya. Dulu waktu saya sakit, ada food court di gedung namanya 313 yang salah satu kiosnya jualan aneka mie. Salah satunya adalah Tom Yam Mie. Porsinya guede dengan harga 48.000 dibandingin makan di Indonesia. Sayurannya crunchy, bumbunya dapet seger, mienya enak. Nah, waktu ibu saya yang mau beli. Si penjual gak ngebolehin karena ibu saya pake kerudung. Ya in the other hand, si toko itu jual menu pake babi juga. Rasa mienya sama sekali gak ada kebabiannya, toh itu bumbu tomyam hehe.

Kemarin terakhir visit ke rumahsakit untuk check up sempet kesana lagi. Karena menurut saya itu masaknya dibeda tempat dan saya pingin banget. Saya pesen menu yang sama. Gak taunya rasanya udah gak seenak dulu. Si tukang masak yang saya inget dulu bapak-bapak. Sekarang perempuan semua. Yah, kalau begini cerita besok akan ganti menu aja deh. Yong tau foo is better, kalau ini sudah pasti cap halalnyah.

Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar