Rabu, 25 Desember 2013

Jenis jenis asam di Indonesia


Kisah pencarian berbagai macam jenis asam mulai mengalami peningkatan. Tadinya saya cuma tahu asam jawa. Pernah sih mendengar yang namanya asam kandis tapi gak pernah ada keingin tahuan untuk menyelaminya.

Sejak saya melakukan Tenten Bondan Project barulah saya kebingungan dengan asam yang tidak hanya ada satu atau dua jenis. Asam yang dipakai di dunia kuliner di Indonesia umumnya berasal dari buah buahan. Ada yang memang rasa asalnya asam dan ada juga yang tidak.Penjelasan singkat saya di bawah hanya sebatas memperlihatkan bentukan asli dan deskripsi singkat. Kalau sampai klaim bisa menyembuhkan penyakit ini itu sepertinya harus buka buka jurnal dulu nih. Ibarat kalau ingin menginformasi gak cuma memberikan pepesan kosong.

Berikut adalah lima jenis asam yang berhasil dieksplor hingga hari ini:

Asam jawa, asam kandis, asam gelugur, asam patikala, dan asam sunti (dari kiri hingga ke kanan).

Berikut ini adalah penjelasan dan bentuk bentuk asli buah asal si asam tadi:

Asam Jawa
Asam Jawa atau Bahasa Inggrisnya tamarind selain dijadikan bumbu pasti temen temen inget dengan permen yang rasanya asem kayak gulas. Nah asemnya itu berasal dari buah ini. Ternyata pohon asam berasal dari Afrika, Daging buahnya berwarna putih kehijauan dan sesudah tua menjadi cokelat. Daging buah yang sudah tua kadang-kadang diolah (ditanak) agar tahan lama.Untuk menambahkannya pada masakan, perlu diseduh dulu dengan air panas, kemudian disendoki sesuai dengan resep. Air hasil seduhan memberi efek warna cokelat ke masakan.

Asam Kandis
Kalau asam jawa dari Afika, asam kandis ini berasal dari India. Buah ini merupakan kerabat dari buah manggis dan juga asam gelugur. Bentuknya bulat dengan bagian bawah mengerucut. Kulit buahnya yang matang berwarna kuning, dan yang masih mentah warnanya hijau dengan permukaan yang mengilap.

Asam kandis cukup banyak dijual di pasaran. Bahkan sudah masuk ke pasar modern. Agar tidak cepat berjamur, simpan asam kandis di dalam wadah kedap udara di tempat yang kering.


Asam Gelugur
Asam yang ketiga ini disebut asam gelugur yang masih satu keluarga dengan buah Manggis. Buah ini diiris tipis kemudian dijemur hingga kering sehingga bentuknya mirip dengan keringan buah tin. Asam gelugur banyak dipakai dalam masakan Sumatera. Bumbu ini memberikan rasa asam tanpa menjadi masakan keruh seperti jika kita menggunakan air asam jawa.
Asam sunti
Asam sunti biasa dipakai di kuliner khas Aceh. Memang pada dasarnya rasa belimbing wuluh kan memang sudah asam. Tetapi usaha untuk mengeringkan juga merupakan suatu peningkatan daya guna lho. Karena kalau tidak ya pasti buah ini cuma jatuh ke tanah dan tidak bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Ditambah hanya beberapa makanan khas Aceh atau Indonesia lainnya memakai belimbing wuluh.

Asam Patikala
Kalau pernah lihat bunga kecombrang yang masih kuncup kan bentuknya seperti roket. Namun ketika sudah mekar di tengahnya akan tersisa biji seperti gambar di kiri. Dan kalau sudah dikering jendolan dan durinya serta dikeringkan itulah yang dinamakan dengan asam patikala.
Yang digunakan dari asam patikala adalah bagian mata atau intinya.  Kuliner Batak seperti arsik memerlukan asam patikala sebagai pemberi citarasa asamnya. Rasanya asem asem segar dengan sensasi bau kecombrang yang khas





Sumber gambar dan infomasi:
kompas.com
budiboga.blogspot.com
resepmenusehat.com
justtryandtaste.com
health,detik.com

3 komentar:

  1. TANSRI
    TANSRI DI BANDA ACEH –
    KITA ADA BUKA PESANAN TUK SIAPA YANG MAU PESAN ASAM SUNTI DARI ACEH ( BOK LIEMENG ACEH )
    Hp. 082364038088 – 081362530656 EMAIL : t_tansri@yahoo.com
    SIAP MENERIMA PESANAN DARI TEMAN2 YANG MENERIMA EMAIL INI
    BAIK KAPASITAS KECIL MAUPUN BANYAK, DARI KELOMPOK PEMBERDAYAAN UKM BOH LIEMENG ACEH
    ( BUAH BELIMBING ACEH )

    BalasHapus
  2. TANSRI
    TANSRI DI BANDA ACEH –
    KITA ADA BUKA PESANAN TUK SIAPA YANG MAU PESAN ASAM SUNTI DARI ACEH ( BOK LIEMENG ACEH )
    Hp. 082364038088 – 081362530656 EMAIL : t_tansri@yahoo.com
    SIAP MENERIMA PESANAN DARI TEMAN2 YANG MENERIMA EMAIL INI
    BAIK KAPASITAS KECIL MAUPUN BANYAK, DARI KELOMPOK PEMBERDAYAAN UKM BOH LIEMENG ACEH
    ( BUAH BELIMBING ACEH )

    BalasHapus
  3. Kalau mau kasih nilai fimana nih. Bagus artikelnya membahas semua dan ada foto2nya. Makasih ya atas pengetahuannya. Bermanfaat sekali.

    BalasHapus