Selasa, 03 Desember 2013

Tangkep ayamnya (1-100)


Ayam tangkep, makanan khas Aceh yang cocok menjadi lauk menemani nasi putih yang hangat. Yang membedakan dengan masakan ayam goreng lainnya adalah daun kari goreng yang menyertai ayam ini. Jadi tekstur daun kari tersebut akan renyah sewaktu dimakan. Untuk menyajikan makanna ini harus dimasak langsung sebelum disantap, kalau enggak daun karinya sudah tidak renyah lagi.

Tantangan masakan yang pertama ini, saya agak sedikit merubah resepnya. DI buku tertulis menggunakan ayam kampung, tetapi karena di kulkas sudah ada ayam broiler, jadilah saya pakai yang tersedia saja. Tapi dipotong kecil kecil biar cepat matang dan bisa crunchy. Selain itu, saya juga menghilangkan daun pandan yang seharusnya digoreng bersamaan dengan daun kari. Alasannya adalah, si tukang sayur gak bawa daunnya dan tetangga yang nanem udah dibabat pula.


Nah, sekarang gimana mendapatkan daun kari? Harusnya pasar pasar tradisional pasti memiliki satu atau dua lapak yang menjual tanaman lokal. Waktu itu saya pernah mendapatkannya di pasar mayestik. DIkasih dengan ranting-rantingnya juga. Baunya yang khas, gak bisa digantikan dengan daun yang lain. Kalau untuk saya pribadi, lagi lagi tetangga di dekat rumah ada yang menanam, jadi tidak perlulah bersusah susah mencari ke pasar tradisional hehe.. Nah untuk bumbu bumbu dapur yang lain pasti mudah kok didapat di pasar atau dekat rumah.

Sewaktu saya akan memasak ayam ini, beberapa hal yang harus diperhatikan ada beberapa hal, Yang pertama, sewaktu menggoreng ayamnya, pastikan minyaknya menutup seluruh permukaan daging dan sudah dalam kondisi panas. Kemudian, waktu yang saya pakai untuk menggoreng adalah sepuluh menit. Waktu standar fast food dimana tempat saya kerja ketika menggoreng ayam mentah yang tidak menggunakan proses ungkep. Setelah itu baru deh saya masukin daun karinya dan dimasak selama tiga menit supaya renyah.

Terakhir, saya memodifikasi resepnya lagi dengan menambahkan sangraian ketumbar di atas ayam ayamnya. Ketika si daging ayam, daun kari, dan ketumbar digigit bersamaan rasanya maknyus banget.. hehe..

Rasa: 4 dari 5
Tingkat kesulitan memasak: Mudah
Tingkat kesulitan bahan: Sedang (Daun Kari)
Modifikasi resep: Tidak diperlukan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar