Sabtu, 07 Desember 2013

BBQ Shepherd pie Ala ala


Resep ini saya dapatkan saat meng-MC acara MLA. Hari itu Vania WIbisono, demoin masak pie tetapi gak pake puff pastry. Dia mensubstitusi pastry yang rada mahal dengan roti. Abisitu gua kepikiran juga buat ngikutin deh. Gua mencoba resep dengan modifikasi rotinya yang terbuat dari gandum utuh. Ternyata eh ternyata, tak selengket roti putih biasa begitu direkatkan. Saya pun mendapatkan ilmu baru tentang kelekatan sebuah roti. Dengan pastry yang diganti menjadi roti dan isinya yang simple, makannya saya namakan dengan nama belakang 'Ala ala' maksudnya gak orisinil gitu.

Rasanya enak kok, apalagi yang udah bosen sama roti oles selai ini selai itu. Atau yang udah bosen sandwich isi bacon atau burger. Inti si daging ini sebenernya hampir mirip sama buat bolognese saus, tinggal disesuaikan saja sama selera. Karena saya suka BBQ sauce, jadi saya olahlah dengan cita rasa BBQ. Beginilah resepnya:


Alat:
Oven
Frypan
Gilasan

Bahan:
1 pack Roti tawar, potong pinggirannya
Minyak untuk menumis
3 siung bawang putih cincang
150 gram Daging sapi cincang
5 buah Jamur champignon
3 sdm BBQ saus -> saya pakai del monte punya
2 sdm Saus sambal botol
Oregano herbs kering
Garam dan Merica
Parutan keju
1 buah telur untuk olesan

Cara memasak:

* Nyalakan oven dengan suhu 170

1. Panaskan frypan, masukan minyak. Tumis bawang putih hingga harum.
2. Masukkan BBQ sauce dan saus sambal. Aduk dan masukkan oregano herbs, garam, merica.
3. Masukkan jamur champignon dan terakhir daging sapi giling.
4. Masak hingga matang merata dan tambahkan parutan keju.
5. Siapkan satu lembar roti, gilas hingga tipis dan melebar
6. Tambahkan satu sendok makan olahan daging giling tadi, lipat roti sekali
7. Untuk merekatkan pinggiran roti, siapkan garpu dan tekan pinggirannya hingga membuat pola
garis garis dan rotinya menempel. Kumpulan daging di dalamnya pun mengumpul ditengah
8.  Tusuk dua kali di atas permukaan roti agar matang ketika dipanggang
9. Oleskan telur ayam dengan merata
10. Panggang 10 menit dan hidangkan.

Kalau ingin menambahkan lebih banyak isi, bisa ditambah dengan kentang dadu, wortel, atau kacang polong.

Tips buat leftover pinggaran roti: Biasanya, daging yang dimasak akan ada sisanya. Pinggiran roti tersebut bisa dioven supaya garing, atau digoreng. Nanti makannya dicocol pakai sisa dagingnya. Mudah bukan?

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar