Kamis, 27 Juni 2013

Reviewing kudapan / snack sehat


Kudapan adalah makanan yang dijual dan dapat langsung dikonsumsi oleh pembeli di tempat. Makanan dan minuman ini terlebih dahulu dimasak dan disiapkan di tempat produksi, di rumah, atau di tempat penjualanan. Makanan kudapan juga diartikan sebagai makanan selingan yang dikonsumsi di luar makanan besar, baik yang diperoleh penjaja makanan maupun yang dibuat sendiri oleh ibu rumah tangga 

Banyak sekali kudapan yang bisa kita pilih di lingkungan kita dengan berbagai macam rasa, variasi, harga, dan bentuknya. Akan tetapi memilih kudapan yang sesuai dengan kebutuhan gizi kita terkadang sedikit membingungkan bukan? Akhirnya sebagai konsumen yang sudah lapar, kita suka lupa dan membeli dengan membabi buta.

Contohnya saja saya yang ketika lapar tetapi harus makan dalam waktu yang singkat akan bingung memilih ketika di luar sana hanya tersedia gorengan dan makanan yang sudah diawetkan. Andaikan saja benar gorengan tersebut digoreng tanpa menggunakan plastik, saya pasti mau membelinya. Namun, tidak ada lembaga kesehatan yang bisa menjamin tukang mana saja yang jujur dalam menjual gorengannya.

Praktisi kesehatan terkadang menyarankan untuk membuat cemilan sendiri dari rumah atau menggantinya dengan buah-buahan yang dapat mengenyangkan. Namun, saya rasa dengan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk makan banyak buah masih sedikit sulit. Hal ini diperparah dengan minimnya penjual buah potong yang ada di lingkungan kita. Kabarnya, buah potong yang dijual di supermarket pun adalah hasil dari buah yang sudah tidak layak dijual kemudian diambil bagian yang bagusnya. Nahlo, makin bingung kan buat ganjel perut gimana caranya?

Masalah-masalah di atas telah dilihat potensinya oleh beberapa perusahaan sehingga mereka mengeluarkan cemilan sehat yang mudah untuk dikonsumsi. Khususnya untuk masyarakat urban dengan mobilitas tinggi. Beberapa yang sedang bersaing adalah tiga produk di atas yaitu: Soybar, Fitbar, dan Quaker Oat Cookies. Tujuan saya membahas ketiganya adalah untuk mengedukasi pembaca dalam menilai produk. Dan satu hal, sata tidak ada kepentingan sama sekali dalam meningkatkan sales dari ketiga produk yang saya bahas lho, toh saya tidak bekerja di company mereka.

Hal yang akan saya bahas adalah berdasarkan: Rasa, Kandungan Gizi, dan Harga.

RASA
1. Soyjoy memiliki lima varian rasa yaitu hawthorn, strawberry, grape, apple, dan mango coconut. Dominasi rasa kacang kedelai memang sangat terasa dalam produk soybar ini. Survei kecil-kecilan teman saya mengatakan maghtegh ketika makan soybar. Entah mulut Indonesia yang doyannya mungkin makan tempe atau tahu sebagai turunan dari kacang kedelai.
2. Fitbar saat ini memiliki dua varian rasa yaitu nuts dan dried fruit. Rasa dari fitbar lebih familiar untuk masyarakat Indonesia. Tampaknya taste yang diberikan produk ini memiliki kemiripan dengan snack yang sudah kita makan sebelumnya.
3. Quaker oat cookies memiliki tiga rasa yaitu apple cinnamon, honey, dan raisin. Rasa dari ketiganya menurut saya adalah yang paling mudah diterima masyarakat. Begitu juga dengan brand image oat sendiri yang sudah melekat di otak masyarakat. Kita tahu sendiri kalau cookies lebih familiar kita makan dibandingkan dengan snack bar.

Overall, untuk rasa diungguli oleh Quaker oat, namun variasinya dimenangkan oleh soyjoy.

KANDUNGAN GIZI
Soyjoy memiliki energi total 130 kkal dengan energi dari lemak 60 kkal, sedangkan kandungan total energi Fitbar adalah 110 kkal dengan energi dari lemaknya 40 kkal. Untuk pembaca yang ingin mengurangi kalori, FItbar lebih cocok dikonsumsi. Namun, kandungan vitamin dan zat gizi lain yang ada pada soyjoy lebih berragam dibandingkan fitbar. Soyjoy memiliki vitamin E, vitamin B, serat pangan, dan protein yang lebih banyak.
Bagaimana dengan Quaker oat? Quaker oat cookies yang dijual di Indonesia, merupakan hasil produksi dari tetangga Malaysia. Produk tersebut telah memiliki nomor dari Badan POM, namun yang saya bingungkan mengapa tidak ada label gizi di kemasannya? Padahal untuk memasarkan suatu produk ke pasar, suatu makanan kemasan diharuskan memiliki tabel nutrition fact atau acuan gizi. Semoga dalam waktu dekat, sudah direvisi.

HARGA
Range harga yang saya bahas disini adalah harga eceran yang sudah dijual ke market dekat dengan rumah Anda. Setelah berkutat jelas selama beberapa waktu, harga kudapan paling tinggi dimulai dari Soyjoy (5000-an), Quaker Oat (3000-an), lalu Fitbar (2500-2900). Jelas saya tidak tahu mengapa soyjoy punya harga paling tinggi? Apakah karena membayar Nadya Hutagalung sebagai role model? hehe.

Kesimpulannya, pilihan memilih snack modern yang sehat ada di tangan anda. Apakah anda mau yang rasanya beragam, lebih banyak gizinya, enak, atau murah. Semoga bahasan ini berkenan. Bagi yang mau sharing untuk kudapan lain bisa ditulis dikomen.

1 komentar:

  1. yupp, sehat kalo gak enak juga dilepeh sama org indo kebanyakan....
    btw, aku lbh suka soyjoy krn lbh mengeyangkan n lbh rendah kalorinya dbanding snack lainnya!

    BalasHapus