Kamis, 27 Juni 2013

Resep gampang 1: nasi tahu jamur





Wondering, when i will cooking again? Kalau mau beli bahan makanan, sulit untuk beli dalam porsi sedikit. Pinginnya yang murah, bisa dapat sedikit, dan langsung habis. Kalau sisanya banyak. pasti akan mubazir karena keesokan harinya belum tentu saya bisa memasak. Karena hari ini libur, saya coba ke gramedia dan melihat buku resep si Ibu siska soeitomo ini. Ternyata bahannya mudah didapatkan dan murah pastinya (gak ada daging atau ayam di dalamnya).




Resep yang pertama adalah nasi tahu jamur. Resep ini sudah saya modif bahannya sesuai dengan apa yang dijual di market tempat saya membeli bahan.

Bahan-bahannya:
2 mangkuk nasi putih
100 gram paprika hijau iris memanjang
Tahu putih kotak 8 pieces
50 gram tepung maizena

Saus:
2 sdm minyak goreng sisa menggoreng
1 sdt minyak wijen
4 buang siung bawang putih
1 cm jahe memarkan
4 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
 100 ml air
5 buah jamur kancing
1 batang daun bawang
1 sdm tepung sagu larutkan air
2 sdm wijen hitam

Cara memasak:
1. Cuci bersih semua bahan potong sesuai selera
2. Tahu dipotong dadu agak besar, balut dengan tepung maizena, goreng hingga kuning keemasan garing, angkat dan serap minyaknya dengan tisue.
3. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tambahkan minyak wijen, tumis bawang putih, dan jahe hingga layu. Masukkan saus tiram, kecap manis, garam merica, dan air.
4. Setelah mendidih, masukkan jamur, daun bawang, dan paprika. Masak hingga matang dan kentalkan dengan larutan tepung maizena, angkat
5. Taruh nasi, tata dengan saus dan tahunya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar