Kamis, 27 Juni 2013

Beef bourguignon

Acungkan jarimu yang sudah pernah makan makanan ini.... Yaa beef bourguignon atau stew beef atau semur perancis kalau kata saya adalah makanan yang diproses dengan cara braising, yaitu membiarkan cairan yang ada sampai saat atau habis sehingga daging menjadi lunak dan enak dimakan. 

Saya tidak tahu, anda mengetahui jenis makanan ini darimana. Kalau saya sih dengan melihat cerita yang ada di film atau novel Julie and Julia. Dimana Julia yang diperankan oleh Meryl Streep membuat master recipe makanan perancis untuk orang Amerika, dan Julie Powell mencoba membuat projek nekat untuk keluar dari kehidupannya yang sempit.

 cover filmnya #5thumbs


 Hal ini sangat menarik dimana Julie sangat ingin keluar dari comfort zone-nya, terlebih apabila dia ingat dengan kehidupan cubiclenya di kantor. Julie gagal sekalinya membuat resep ini, karena Julie yang lelah ketiduran sehingga gosong saat dagingnya di oven. Bagi kalian yang ingin membuatnya, coba tengok resep yang direfer oleh bbc (Beef bourgignon) ini.

Sewaktu saya membaca dan mencermatinya hingga sangat detil sekali. Saya banyak kebingungan, karena tulisan resep ini benar-benar di copy paste dari buku resepnya Julia Child sendiri. Saya bingung, apa itu fat yang dimaksud. Mana dulu bahan yang dimasukin dan diambil dari panci. Hingga akhirnya saya tahu penyelamat saya. Yaitu adalah tuan youtube. Dengan mencari beberapa detik. Taraaa... Silahkan menduplikasi:



ini lho videonya

Saya tidak menggunakan full plek resep yang saya refer. Karena saya tidak memakan babi, maka bagian bacon saya hilangkan. Begitu juga dengan red wine sudah saya ganti dengan jus anggur yang ada di pasaran. Yang penting saya menggunakan daging semur sebagai pilihan yang tepat. Terkadang orang suka meremehkan hal yang satu ini.

Sebelumnya sudah lama sekali saya ingin sekali memasak ini. Tetapi karena filmnya yang menunjukkan ini gagal, saya jadi agak pesimis. Memang cukup lama waktu memasaknya sekitar 2,5 jam. Tetapi banyak sekali lho, saudara saya yang suka setelah suapan yang pertama. Wah rasanya ingin memasak lagi kalau banyak yang suka. So here is mine semur perancis....

Dihidangkan dengan mashed potato.. Hmm yummy


2 komentar: