Kamis, 27 Juni 2013

Pengalaman Makan Natto

Natto makanan tradisional jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Mungkin setengahnya dari tauco tapi mungkin beda juga. Natto terkenal dengan bau, lengket, dan tidak enak kalau saya baca di komik seperti kobo chan, maruko, atau shinchan. Nah, kalau di hotel-hotel aja gak ada yang nyediain natto. Paling banter adalah miso soup, sushi, kare, dan sashimi.

Ceritanya saya ke papaya resto yang di melawai buat hunting makanan diskon. Tapi karena kelamaan nunggu gak dipasang stiker diskonnya, alhasil saya beli deh natto.

source: blogs.browardpalmbeach.com

Jadi kemasanya dari sterofoam dan disimpan di chiller. Nanti kita bakalan dapet dua saus. Satu shoyu atau kecap asin dan yang kuning adalah mustard. Dua hari berturut-turut saya makan cuma dicampur sama nasi aja. Pas dimakan memang sensasinya kaya makan makanan sedikit basi, tapi kebantu sama asinnya shoyu. Plus saya sih nambahin cabe botolan. Efek jangka pendeknya adalah BAB jadi lancar banget. Entah karena memang kandungan fiber natto yang tinggi atau pencernaan saya yang tidak bersahabat dengan si natto. Ngomong-ngomong kandungan proteinnya si natto juga tinggi katanya. Walau kurang tau si kalo dibandingin sama makan tahu dan tempe perbandingannya berapa.

Buat pengalaman dan sensasi melancarkan BAB natto patut dicoba :)

2 komentar: