Minggu, 29 Desember 2013

Gurame Kencong (9-100)


Gurame kencong. Nama masakan yang menurut saya unik. AKhirnya saya cari di google kencong apa itu. Katanya kencong artinya belok, yah kalo disambung sambungin sama bencong mungkin lelaki/perempuan yang serong. Tapi masa iya ikan sampe didiskriminasi seperti itu? Lagipula gurame kan gak punya daya tarik seperti burung merak yang jelas jelas beda jantan dan betinanya. Bisa jadi juga kencong itu dari kata kecombrang. Hehe makin lama jadi tebak tebakan nama deh.

Gurame kencong yang berasal dari Sumatra Utara pembuatannya gak sulit. Ikan gurame yang masih segar tinggal dibersihkan dan dipotong membelah jadi dua. Kalau saya sih lebih seneng beli di supermaket dan minta abang abangnya yang ngelakuin. Pertama lebih ringkes, kedua terkadang kalau beli di pasar selain sudah gak seger kadang ikannya sudah bau tanah karena gak dapet suplai makan yang cukup.

 Guramenya cuma dibumbu standar aja pakai garam dan jeruk nipis lalu goreng kering. Nah sambelnya ini yang kalau saya bilang sih mirip sama sambel dabu dabunya orang manado. Bedanya mereka pakai tomat hijau, kalau ini pakai kecombrang. Rasanya seger seger pedes dan enak sekali dimakan dengan nasi putih panas (klise banget..). 

By the way, di buku bilang kalau resep asli restorannya gak dikasih tahu. Ini pun yang paling mirip dengan rasa si restoran tersebut. Jadi kepo nih sama rasa yang saya buat. Jangan jangan bedanya langit dan bumi.

Rasa: 3.5 dari 5
Tingkat kesulitan memasak: Mudah
Tingkat kesulitan bahan: Sedang (Kecombrang)
Modifikasi resep: Diperlukan (Kerancuan dengan rasa asli hidangan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar