Rabu, 26 Februari 2014

Gurame Pesmol (30-100)

Tantangan terakhir di Bulan Februari ini sangat membingungkan. Tadinya saya ingin memasak udang yang dibuat tekwan. Tapi bumbunya banyak dan harga udang cukup mahal. Akhirnya saya putuskan untuk memasak ikan gurame sewaktu libur. Itu juga sampe dibela belain datang ke sebuah supermarket yang sudah mau tutup.

Tukang ikannya menolak untuk membersihkannya. Yah, daripada mood saya untuk masak turun lagi. Jadi saya beli saja kondisi ikan tersebut hidup hidup dari akuariumnya. Sewaktu sampai rumah ikannya masih megap megap dan menggoncang plastik. Saat itu sudah jam setengah sebelas. Dengan sangat minta maaf, saya menyimpan ikan itu di dalam freezer (dalam keadaan hidup) untuk dibersihkan  keesokan harinya. (maaf ya ikan..)



Salah satu cara memasak ikan khas sunda selain digoreng atau dipepes adalah dengan cara dipesmol. Pesmol sendiri adalah bumbu kuning yang didapatkan dari warna kunyit. Campuran bumbu lain adalah bawang merah, putih, ketumbar, kemiri, cabai merah, daun salam, jahe, lengkuas, dan serai. Seperti bumbu pada masakan lainnya, untuk bumbu kuning ini sendiri perlu diulek terlebih dahulu.

Pada resep yang ada di buku Pak Bondan, seharusnya bawang merah dan putihnya lebih dibanyakan untuk ukuran masak satu ikan gurame. Setelah bumbu halus diulek kemudian dilakukanlah proses penumisan dan penambahan bahan lainnya. Pada saat menumis bumbu kuning, saya juga menumis rajangan bawang bombay di sebelahnya agar sama sama terkarameliasasi sedikit.

Setelah itu, tambahkan air dan masukan potongan tomat, daun bawang, dan ketimun, Kemiri merupakan salah satu rempah yang bsia mengentalkan kuah. Jadi rempah ini bisa kita gunakan untuk mengganti santan apabila tidak ada santan atau tidak ingin menggunkan santan. Setelah semua bumbu sudah masak. Kini saatlah mencicipi kepasan rasa dari bumbu kuning. Saya merasa kurang garam, gula, lada, dan cuka dixie sehingga rasanya bisa menjadi lebih segar dan enak.

Lalu ketika semuanya sudah oke, kini saatnya kita memasukan gurame goreng yang sudah matang ke dalam panci. Setelah itu tinggal ditabur dengan daun kemangi dan ditutup sebentar. Rasa ikan pesmol yang saya coba masak ini, Alhamdulillah dibilang enak. Rasanya sangat dapet dan semua bumbunya meresap ke dalam dagingnya. Berati memang resep dan kualitas ikannya juga yang bagus hehe. Menurut saya memasak ikan pesmol tidak susah dan tidak lama. Jadi selamat mencoba.


Rasa: 4.5 dari 5
Tingkat kesulitan memasak: Mudah
Tingkat kesulitan bahan: Mudah
Modifikasi resep: Sedikit pada penambahan bumbu

3 komentar:

  1. Kalo aku slain cuka makan biasanya pake tomat cherry yg kecil2 biar asemnya nendang mas....
    sekedar saran ya, biar fotonya terbaca google (SEO/search engine optimization) sblm diupload nama fotonya dganti dengan "resep gurame pesmol" biar terbaca oleb google n itu nambah traffic di blognya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke mas dedi, terimakasih masukannya. Tomat ceri selain bikin tambah seger, warnanya juga semakin menarik ya yang pasti :)

      Hapus
  2. Berapa harga 1kg gurame pesmol ya?

    BalasHapus