Senin, 24 Februari 2014

Goropa Woku Blanga (27-100)

\

Daging kepiting beku yang saya beli khusus untuk masak mie aceh ternyata bersisa banyak. Tak pendek akal, saya membuka buka makanan yang menggunakan daging kepiting supaya bisa cepat digunakan. Karena apabila makanan sudah terbuka dari kemasannya, mau itu disimpan di tempat beku kembali, pasti akan mempengaruhi kualitas makannya. Baik rasa, tekstur, atau aroma.

Ketemulah dengan makanan dari Manado yang bernama Goropa Woku Blanga. Makanan yang berbumbu seperti woku ini berbahan dasar kepiting. Saran dari Pak Bondan sih, seharusnya menggunakan kepiting yang fresh. Akan tetapi, apa daya lah kalau masih ada yang bisa digunakan, hehe. Jadi saya kembali memakai daging kepiting frozen sisa itu.

Woku blanga ini memiliki kuah yang pedas sebenarnya. Hanya untuk penyajian, agar tampak seperti kepiting, jadi saya menyusun sedemikian rupa seperti hewan aslinya. Makanan ini segar dan pedas bumbu karena adanya campuran dari cabai, tomat, air lemon, dan sereh, Penambahan daun kemangi membuat daya rasa woku semakin dapat.

Sayangnya, ketika saya memasak Gorupa ini, entah kenapa hari itu agak terkantuk. Akibatnya, wajan yang saya pakai agak oleng dan menyebabkan kuahnya sedikit berkurang, Selain itu, karena kepitingnya juga tidak fresh, sehingga mana mungkin mengeluarkan air sebanyak yang fresh. Hal ini juga yang mengurangi keenakan hasil akhir makanan yang saya buat.

Namun, dengan bumbu yang sudah ada di buku, memberikan paduan rasa yang enak untuk dibuat sendiri di rumah. Yang penting, semua bumbunya jangan ada yang dihilangkan. Selamar mencoba.

Rasa: 3.9 dari 5
Tingkat kesulitan memasak: Mudah
Tingkat kesulitan bahan: Sulit (kepiting terkdang musiman)
Modifikasi resep: Tidak terlalu diperlukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar