Senin, 03 Februari 2014

Dendeng Baracik (21-100)


Dendeng identik dengan daging yang diiris tipis, digoreng, dan pedas karena taburan sambal. Kali ini saya tertantang dengan resep dendeng baracik yang menggunakan cabai hijau sebagai bumbu utamanya. Karena dendeng yang umum biasanya adalah dendeng balado dengan sambal irisan bawang dan cabai merah yang digoreng.

Sebelum memulai memasak, saya cermati dan mengalami sedikit kebingungan di dalam proses memasaknya. Rumah makan yang didatangi Pak Bondan tampaknya memiliki resep rahasia sampai ditulis kalau beliau ngintip masuk ke dalamnya. Untuk membuat dagingnya empuk, rumah makan tersebut menjemur kemudian menggantungnya di ruangan yang penuh uap. Waduh, saya gak kebayang alat apa selain pengukus yang bisa membuat daging saya diuapin kalau begitu.

Tanpa berpikir panjang, saya memiliki sebuah ide. Kebetulan daging dendeng yang saya pakai di resep ini adalah bagian khas luar. Jadi saya coba mengirisnya tipis kemudian melumurinya dengan ulekan bawang putih, ketumbar, dan garam. Setelah itu saya mencoba memasaknya di sebuah microwave oven dengan waktu lima belas menit.

Tidak disangka sangka, dagingnya menjadi keras dan tidak lembab sama sekali. Tetapi, saya tidak kehabisan akal. Daging tersebut saya celupkan lagi ke dalam bumbu ketumbar, kemudian digepengkan, dan digoreng selama dua puluh detik. Sembari menggoreng, sambal baracik disiapkan. Cabai hijau tersebut menjadi sangat segar dengan adanya penambahan tomat hijau dan jeruk nipis.

Ketika daging sudah matang dan disajikan dengan sambal, dendeng baracik menjadi sebuah makanan yang sangat lezat. Gurihnya rasa daging berbumbu ketumbar dibalut dengan segarnya sambal cabai hijau yang tidak terlalu pedas. Sayangnya tekstur yang agak keras tadi sedikit mengganggu kenikmatan dalam memakan si dendeng. Semoga kalau ada kesempatan lain, saya tidak lupa memendekan waktu di microwave oven.


Rasa: 4 dari 5
Tingkat kesulitan memasak: Mudah
Tingkat kesulitan bahan: Mudah
Modifikasi resep: Perlu (Proses pelayuan daging yang lebih mudah dan applicable)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar