Kamis, 30 Januari 2014

Pecak Ikan Gurame (20-100)


Pecak gurame merupakan salah satu makanan yang menantang buat saya. Alasannya karena saya pernah mencoba sebuah masakan pecak gurame di bilangan Buncit Indah atau Jati Padang, tetapi rasanya ya biasa biasa saja. Maka dari itu saya penasaran nih membuat pecak gurame yang ada di resep buku Pak Bondan.

Di resep Pak Bondan, pecak gurame yang ada menggunakan kacang tanah dan mede sebagai bumbunya. Tanpa berpikir panjang saya langsung mengolah sesuai dengan bahan resep dan instruksi cara pembuatannya. Setelah dibuat dan dirasa rasa, mengapa ini jadi seperti bumbu pecel madiun? Rasa kencurnya sangat terasa sekali. Dan lebih cocok jadi condiment ayam goreng atau ikan lele goreng yang ada di pinggiran jalan.



Akhirnya saya coba browsing lebih lanjut makanan ini dengan mas google. Ternyata, ada tiga varian rasa pecak gurame. Yaitu yang menggunakan bumbu kacang, bumbu kuning, dan bumbu merah. Karena bumbu kuning lebih terlihat seperti pesmol atau pepes ikan mas, jadi menurut saya yang asik itu adalah kalau pecak gurame dibumbuin merah. Pertimbangan saya, juga tidak hanya melalui Mbah Google sih, tetapi juga berdasarkan cerita teman saya yang memang orang Betawi asli. Katanya selama ini dia belum pernah makan pecak gurame dengan bumbu kacang.

Tips membeli Gurame
1. Belilah ikan gurame yang masih hidup di aquarium. Sebisa mungkin di toko yang terjaha kebersihan dan pangan ikan itu sendiri. Karena kalau telat diberi makan, biasanya ikan akan makan endapan tanah atau lumut yang mempengaruhi rasa dari dagingnya.

2. Salah satu cita cita saya adalah memasak gurame terbang. Dimana dagingnya difillet tidak sempurna dan dimasak hingga dagingnya menganga. Nah, berhubung saya dan Mbak Ani tidak mahir memfillet ikan maka dari itu tips paling jitu adalah.... Meminta mas mas di supermarket yang bentukin, hahahaha...

Kalau persyaratan yang mempermudah tersebut dilakukan maka dengan gampang kita  bisa deh mengolah ikan pecak gurame bumbu merah. Berikut bahan dan cara pembuatnnya:

1 buah ikan gurame
1 sendok makan cabe giling merah
3 siung bawang putih iris
6 siung bawang merah iris
4 buah cabai merah dan rawit
1 cm jahe iris
2 buah tomat hijau iris
2 buah asam sunti
1 sdm air maizena
2 buah kunci

ikan gurame yang sudah siap tadi dibumbui dengan air garam, bawang putih, dan jahe. Kemudian digoreng. Untuk bumbu, pertama saya tumis bawang putih merah, jahe, cabai, dan cabai giling hingga harum. Selanjutnya saya masukkan iisan tomat hijau, kunci dan asam sunti. Lengkapi dengan garam dan gula hingga rasanya pas dan agak kentalkan dengan larutan maizena. Apabila ikan tersebut sudah matang dan kering, bumbui dengan bumbu merah tadi.

Rasanya maknyus bangett.. rasa gurihnya ikan bersatu padu dengan rasa kunci, asam, serta pedas. Kesegaran ikan yang baru saja dipotong menambah lagi daya rasa enaknya makanan ini. Pokoknya pecak gurame bumbu merah ini wajib dicoba di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar