Senin, 10 Februari 2014

DIgoda Gado Gado (24-100)


Masakan yang harganya saat ini lagi berfluktuasi menigkat juga. Selain seafood ternyata ada juga makanan yang naik harga bahan bakunya. Apakah itu? Jawabannya adalah sayuran. Ketika musim penghujan, banyak sayuran yang terlalu banyak air sehingga membusuk, atau tidak dapat bertahan lama setelah dipanen. Efeknya, kualitas sayuran jadi menurun, suplai sedikit, harga meningkat, dan tukang sayur keliling rumah saya saja sampai tidak berani menjualnya karena kualitas yang jelek.


Gado gado kalau diharafiahkan dalam kuliner internasional itu seperti salad sebenarnya. Makanan ini kaya akan serat, memerlukan pengolahan yang sangat minim serta praktis, dan mengunakan dressing untuk menikmatinya.

Dulu, pada saat saya belajar di kampus. Makanan ini di daulat memiliki kandungan asam amino dari protein yang paling lengkap dan disanjung karena beragam sekali kandungan gizi yang lainnya. Dari sayuran hijau, kita bisa mendapatkan vitamin, mineral dan serat. Karbohidrat bisa didapatkan dari kentang atau lontong. Protein hewani bisa dari telur rebus, sedangkan nabati dari saus kacang, tempem atau tahu. Lemak dari minyaknya pun hanya berasal dari tempe/tahu goreng serta bumbu kacang serta kerupuknya. Tuh, kebayang kan sehatnya makanan ini.

Selain banyak kandungan gizi yang baik, membuatnya pun ya tadi, MUDAH. Selain tempe dan tahu yang butuh dimarinasi dengan bawang putih serta garam. Sayuran dan kentang hanya perlu dikukus atau direbus sebentar. Kemudian disusun di piring dan ditaburi dengan saus kacang.

Saus kacang yang kemarin saya buat memiliki bahan dasar kacang tanah dan kacang mede. Untuk bumbu pendampingnya, ada bawang merah, bawang putih, cabai merah hijau, kencur, dan garam. Padahal pada resep ada santan dan sereh karena diperlukan pemasakan di tahap keduanya. Hanya saja saya berpikiran, "ini kenapa semua makanan mesti pakai santan lagi ya? Toh, biasanya yang ada di pasaran bukannya nggak pakai santan bukan?"

Saya pun memutuskan akhirnya membuat bumbu seperti tadi. Bagaimana rasanya? Hmm standart saja sih. Saya tidak pernah mengategorikan sebuah makanan salad ada yang enak dan enak sekali. Adanya yang biasa dan tidak enak. Hehe.. Jujur saya tidak bisa mengategorikan gado gado secatra general. Maaf yaa.

Rasa: 3.25 dari 5
Tingkat kesulitan memasak: Mudah
Tingkat kesulitan bahan: Mudah
Modifikasi resep:Fleksibel (saya tidak menggunakan santan)

2 komentar:

  1. Wow, pake kacang mede jd gado0gado pengantin dong!!!
    btw, sbgai info klo gado2 biasanya sausnya dimasak dgn santan trus disiram diatas sayurannya mas, kalo yg dipasar lgs diulek itu pecel....
    tp kadang2 definisinya saling menggantikan, tergantung daerahnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harusnya kalau pakai santan lebih legit ya,, aku suka ketuker2 sama ketoprak. Mungkin gado gado betawi juga tergantung penjualnya kali ya, lebih resep pake santen apa nggak hehe.

      Hapus