Minggu, 05 Februari 2017

Sukun Salad

Gorengan lagi, gorengan lagi. Begitulah menu sejati di rumah saya. Semua yang
digoreng pasti enak, tinggal diungkep atau tepungi, goreng. Selesai.

Sore itu, saya melihat Mbak sedang mengukus sukun. Ukurannya cukup besar. 
Saya minta dua potong dan saya oleh deh menjadi salad sukun dengan resep dasar Potato Salad
dari Cooking with the Dog. Beruntungnya, sukun yang dibeli Ibu saya manis banget rasanya.
Enak banget deh pokoknya. Untuk dressing saya menggunakan bumbu wijen dari brang kewpie.




Bahan
Sukun 300 gram kukus potong dadu
Wortel 1 buah serut
Timun 1 buah iris tipis
Telur rebus 1 buah potong dadu
Bawang bisa bombay 1/2 potong iris tipis
Ponzu atau saus wijen 2 sdm
Wijen hitam
Cuka beras
Garam dan merica

Cara membuat
Persiapan:
  1. Wortel yang sudah diiris seduh dengan air panas. Tiriskan. Rendam dengan air es dan berikan cuka beras 1 sdt.
  2. Berikan 1 sdt garam pada ketimun. Aduk diamkan 1 menit. Peras kelebihan air dari ketimun dengan tangan.
  3. Berikan 1 sdt garam pada bawang bombai. Rendam dengan air es dan diamkan 1 menit. Peras kelebihan air dingin dan tiriskan.
  4. Masukan sukun pada mangkok, tambahkan timun, bawang dan wortel. Tambahkan garam dan aduk.
  5. Masukkan potongan telur, bubuhi dengan saus wijen dan aduk.
  6. Tambahkan lada dan wijen hitam.
  7. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar