Jumat, 10 Februari 2017

Ikut Lomba Part 1

Video maker. Something that i was used to in High School. Gua iseng iseng bawa kamera pocket ke sekolah, capture semua gambar dan video yang penting dan gak penting. Dan belajar U-lead video maker sama Anak yang rada tengil, called him Yudo (dipelesetin dikit).

Membuat video adalah salah satu passion terpendam gua. Entah karena bisa ngejelek2in temen sekelas, atau memang gua berbakat. Pada akhirnya video ini dijual ke temen temen sekelas. Feedback mereka? Pada seneng banget, apalagi gua bisa Riya karena cuma kelas gua aja yang punya. Feedback nyokap? Kok gak dijual lebih mahal lagi... Hmm... Gua pun yang bukan otak dagang, masukin kuping kanan keluar kiri aja.

But time flies. Gua masuk kuliah, suasana ganti, and koneksi internet belom secepet sekarang. Video lokal paling terkenal yang ada di Indonesia, mungkin Ariel dan kawan kawan. Sampai akhirnya banyak video lokal yang edukatif dan inspiratif bisa masuk ke youtube, sampai buat channel sendiri bahkan artis di masing masing socmed. Sebutkah youtuber, celebgram, atau celebtweet. Beberapa temen berceloteh ke gua untuk bikin video masak. 'Lah motong kentang aja belom becus', walau dalem hati, kalau acting bisa sih diatur.


Buat video sih gampang. TAPI buat video masak yang bagus. Catet nih, yang BAGUS. Tentulah gak mudah. Angle nya mesti tepat, lightingnya (karena sering kali dilakukan indoor), sekali take yang penting makanan tuh bisa keliatan cantik dan ganteng. Kalo gagal, ya ulang lagi dari awal. Itulah kenapa kalo gua liat celebrity chef yang cancik2, dibanding sama yang memang jam terbang di lapangannya tinggi jauh banget. Keliatan banget yang penting tampilannya cantik dan ganteng. Soal rasa, hanya si tukang masak dan kru di lokasi yang tau. Bahkan beberapa rumor bilang,kalo yang memperdalam rasanya, mereka punya tim asisten yang senantiasa menyempurnakan rasa makanan mereka pas lagi live cooking. ATAU mereka udah buat sample makanan yang banyak di belakang. Si Celeb Chef cuma jadi QC aja. Sah sah aja sih, memang. Namanya juga industri hiburan.

Sedangkn beberapa honest chef atau host cooking show, mereka akan bilang benar benar rasa masakan itu gimana. Bahkan adegan nambahin ini itu kena take video. So that's why I love cooking program yang dibawain Sandra Djohan dan Bara Pattiradjawane. 

Nah balik lagi ke buat video. Its likely difficult buat gua yang masak dan ngerekam diri sendiri. Karena beberapa video amartir lokal di youtube yang melakukannya, terus terang banyak yang gak menarik. Dari angle masaknya yang cuma kompor sama wajan lah. Kelihatan properti gak pentingnya. Tapi kalau yang niat juga sudah banyak, contohnya yang kasih fokus gambar hanya ke makanan. No pep talk, face or badan lo yang keliatan. Sah sah aja sih. Jadi, kalau sekarang buat video sendiri ya kurang lebih nyontek begitu. Angle cuma ada satu terus sisanya maen edit2 aja. Crop sana sini. Jadi deh.

And by the way, i love challenge and competition. Kebetulan, Adi temen kampus yang hobi banget jalan jalan. Mau jadi satu team di kompetisi itu. Jadilah kita berpartner ria untuk ikut ngerjain lomba yang temanya adalah kreasi olahan tempe. Well, penasaran cerita drama dibalik itu? Will tell ya, on the next post. A lot of drama inside.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar