Jumat, 17 Februari 2017

Gohu Ikan



Banyak yang belum tahu kalau ikan mentah tidak hanya populer di Negeri Matahari Terbit atau Jepang. Padahal masyarakat Sulawesi memiliki menu yang serupa, disebut dengan Gohu Ikan. Bedanya kalau sashimi jepang, bisa dari bermacam macam ikan. Gohu ikan akrab dengan ikan tuna.

Ketika saya memposting masakan ini di Instagram @renandra banyak yang menuai pesan agar berhati hati mengonsumsi ikan mentah. Ada benarnya memang. Beberapa ikan yang tidak terjamin, malah akan membawa penyakit atau cacing dan bisa berkembang biak di tubuh yang memakan.

Maka dari itu, saya pun hanya berani mengolah dari ikan yang memang khusus untuk hidangan sashimi. Membelinya pun di supermarket Jepang Papaya, yang saya tahu supliernya siapa, hehe.

Yang mau coba, gampang banget, ini resepnya suda direkreasikan dengan sentuhan lokal dan jepang. Pastinya akan membuat lidah yang makan bergoyang. Resep aslinya hanya menggunakan lemon cui atau jeruk kunci sebagai enhancer rasa amis dari ikan dan mengurangi potensi bakteri (Ih mulai serius). Tetapi saya tambahi sedikit shoyu atau kecap jepang yang ternyata malah membuat perpaduan rasa yang aduhai.



Berikut bahan dan resepnya

Bahan

100 gram Tuna sashimi (maguro) iris
1 buah Jeruk Kunci or Lemon Cui
Segenggam daun kemangi atau daun basil
2 siiung bawang merah iris tipis
20 gram kacang tanah goreng yang ditumbuk
3 cabai merah iris tipis
Kecap jepang atau Shoyu sauce (kikkoman)

Langkah
1. Irirs tuna dan lumuri dengan air jeruk dan garam
2. Tumbuk kacang tanah, cabai, dan bawang merah
3. Campur semua bahan, hiasi dengan daun basil atau kemangi
4. Sentuhan terakhir, bubuhi shoyu

SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar