Sabtu, 26 September 2015

Sambal Raja (37-100)


Pagi di Hari Minggu, biasanya sarapan yang tersaji di meja adalah nasi goreng. Atau bisa jadi ketupat sayur maupun bubur ayam. Tetapi hari ini saya membuka kembali buku Pak Bondan. Tampaknya sambal raja tidak terlalu pagi untuk disantap dengan nasi putih hangat yang pulen. Apakah itu sambal raja?

Sambal ini adalah makanan khas kutai. Sambal ini lebih kerap di telinga kita dengan nama balado. Sayuran yang ada di dalamnya meliputi kacang panjang dan terong ungu. Bedanya, telur yang biasanya bulat dan di balado, di sambal ini sudah dipotong atau dicacah. Sehingga ketika memakan sambal ini, semua rasa sudah tercampur menjadi satu. Antara potongan bawang merahnya, renyahnya kacang panjangs dan terong, serta umami dari dari lezatnya putih atau kuning telur.

Salah satu tips yang saya temukan untuk melahap makanan ini adalah menggunakan kerupuk putih. Jadi seperti dibuat topping di atasnya. Perpaduan kriuk dan gurihnya sambal ini membuat saya tidak bisa berhenti makan. Bahkan yang biasanya saya hanya sekali sarapan, tadi jadi tambah sampai dua porsi.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar