Minggu, 13 September 2015

Chicken Stroganoff


Chicken stroganoff. Hidangan yang satu ini,  belum pernah saya coba di restoran atau rumah makan. Sebenarnya, saya pingin sekali membuat resep yang satu ini semenjak dahulu. Akan tetapi, begitu melihat resepnya menggunakan krim, cheese cream, atau sour cream (intinya yang menggunakan krim) langsung lah saya kesampingkan dahulu. Mungkin kalau bahan tersebut langsung habis tidak masalah. Tetapi, sering kali hanya setengah dari kemasan yang saya pakai. SIsanya, ya terpaksa harus berakhir di tempat sampah karena sudah tidak enak.

Nah, tetapi ada satu supermarket yang saya temukan menjual barang mendekati expired date dengan harga miring. Bagusnya lagi, hamper setiap minggu, barang tersebut selalu ada. Supermarket itu bernama Bali Gourmet yang berada di bilangan Pasaraya Blok M. Jarak expired date nya bisa dua minggu dari tanggal yang ada. Harganya lima puluh persen dari harga awal. Nah, kemudahan dan kemurahan ini lah yang mengajak saya kembali memasak menu baru dengan menggunkan berbagai macam krim.

Resep yang saya gunakan untuk membuat resep ini, didapat dari Gordon Ramsay. Kalau ada yang mau mencoba, bisa googling pasti langsung ketemu. Nah, salah satu bahan dari resep ini menggunkan white wine. Karena saya tidak mengonsumsi alkohol, maka saya ganti dengan perasan jeruk lemon.
Untuk mencoba memasak resep ini tergolong mudah. Selain ayam, sayuran yang digunakan mudah ditemukan di supermarket, seperti jamur dan kacang kapri. Ayamnya sendiri pada awalnya dibumbui dengan bubuk paprika atau kalau di youtube akan disebut smoked paprika. Nah, bubuk paprika ini memberikan rasa sedikit pedas dan warna merah yang kuat pada ayam. Kalau kamu suka rasa pedas, bisa ditambahkan dengan bubuk cabai.


Namun, ada satu tahap yang saya tidak lakukan pada resep ini, yaitu memasak german spatzele. 
Kalau dilihat lihat, spatzele mirip dengan cheese stick. Dan cukup memakan waktu bagi jika ingin membuatnya.  Spatzele ini ditabur di atas Chicken Stroganoff begitu akan disajikan. Jadi semacam kerupuk asinnya. Dimana ayamnya sedikir gurih dengan saus stroganoff yang agak masam ditambah dengan renyahnya spatzele. Kombinasi stroganoff dengan kekayaan tekstur semakin lezat jika disajikan dengan potato wedges atau mashed potato.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar