Senin, 07 April 2014

Soto ayam (35-100)


Soto ayam, panganan Indonesia yang berkuah kuning. Asal warna kuningnya didapatkan dari rempah kunyit. Saya sangat menyukai soto ayam yang sejak dulu menjadi makanan yang ada tiap bulan di rumah. Biasanya selain ada ayam dan bihun, Mbak Ani selalu menambahkan perkedel kentang dan keripik kentang tipis tipis yang di goreng home made. Hasilnya akan menciptakan satu varian soto yang sangat enak.

Ketika saya buka buka buku si Pak Bondan, ternyata resep generiknya sama. Hanya saja protein yang ada di buku lebih lengkap dengan menggunakan telur ayam rebus. Sebelumnya saya sudah pernah memasak soto ayam langsung dari Mbak Ani. Biasanya yang menjadi kelemahan adalah di teknik mengulek bumbu. Setelah itu saya terlalu cepat menumis pasta bumbu tadi. Sebelum semua bumbunya tertumis rata, sudah saya angkat. Sehingga semua rasanya belum keluar sempurna ketika dimasak di dalam air panas.

Ayam yang enak sebenarnya adalah ayam kampung. Tetapi kalau kamu punyanya ayam negeri, yasudah diinapkan saja sotonya semalam. Niscaya rasa bumbunya akan lebih pekat dan wenak. Resep soto ayam generik yang ada di buku menurut saya sih mudah dan enak.

Oiya, ternyata saya pernah membuat video contest dengan soto ayam ini. Linknya bisa dilihat di section video yang ada di atas. Sayangnya belum beruntung masuk jadi pemenang. Kalau dilihat lihat, masih amatir banget buat videonya. Norak lah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar