Kamis, 10 April 2014

Judulnya buat sambel Bu Rudi sendiri

 Sambel, makanan penyerta atau condiment yang gak pernah gua bisa tinggalin. Banyak orang yang mengharuskan adanya condiment ini selama dia makan. Ada yang harus dibubuhi kecap manis di nasinya, saus tomat, mayonaise, tabasco, dan lain lain. Salah satu cerita yang lucu adalah, salah seorang ibu pejabat yang entah siapa, kerap selalu membawa irisan cabe rawit kemanapun untuk makan. Bahkan ke pesta pesta besar dan acara resmi. Ya, kalo ketahuan agak aneh aja gitu maksudnya.

Sambel bu rudi adalah salah satu sambel yang nendang dan nagih banget kata saya. Sayang, sambelnya diimpor dari Surabaya dan harganya agak mahal aja gitu. Biasanya dijual sama udang goreng kecil kecil yang krispi dimana kita makannya sama sambel itu. Saking pedes dan nendangnya, jadi tuh sambel bisa diirit iritt hehe. Buat yang belum tahu sambel Bu Rudi itu kayak apa. Bentuknya mirip kayak sambel korek. Jadi simpel banget dengan minyak yang meluber kemana mana.

Nah, terbersit lah untuk menunggu mood tantangan 1010 bondan project membumbung lagi, saya coba membuat home made sambel Bu Rudi. Dengan berbekal searching google resep dari NCC, akhirnya saya menemukan resep yang ideal dan pas. Berikut adalah bahan dan teknik membuatnya:

Bahan:
Cabai rawit kecil kecil yang warna kuning dan oranye
Bawang merah
Vetsin, garem, gula
Perasan Jeruk Nipis
Minyak Barco

Takaran bahan di atas intinya disesuaikan aja banyaknya. Komposisi satu banding satu. Minyaknya harus menenggelamkan semua isi bahan dan harus BARCO. Karena minyak ini akan membeku di suhu yang rendah.

Cara membuat:
Panaskan minyak dalam wajan hingga mendidih dan timbul asap
Bersihkan cabe dan bawang merah dan ulek kasar (jangan diblender)
Masukkan dalam wadah anti panas. Kalo saya sih teflon. Lalu bubuhi perasan jeruk nipis, vetsin, garam, dan gula.
Tinggal tuang minyaknya ke dalam panci berisi sambel yang sudah dicampur tadi. Diamkan dan coba rasanya, Biasanya sih suka kurang asin kalo kamu gak pakein vetsin.


Nah, mudahkan. Ayo buat sambel sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar