Jumat, 11 April 2014

Hiroshima Okonomiyaki



Makanan jepang, mudah dan gak ribet. Rasanya dominan asin. Kekurangannya, bahannya mahal mahal hehe. Di tempat saya bekerja, ada swalayan Papaya yang khusus menjual barang barang dan kebutuhan orang jepang. Sangat mudah sekali membeli bahan masakan yang ada di swalayan ini. Nah, kalau resepnya saya paling suka nonton channel youtube cooking with dog. Dimana ada seorang emak emak yang masak sama anjing nya Francise.

Menurut saya masakan yang dibuat sama Ibu itu terlihat mudah dan simpel. Kalau lihat saat dia masak, kesan rapi, apik, dan sangat sistematis sangat bisa dirasakan. Karena videonya juga udah banyak,. jadi tinggal pilih sendiri mau masak yang mana.

Kemarin aja saya pingin masak okonomiyaki. Kalau diindonesiakan seperti bakwan tapi dalam ukuran besar dan dimasak untuk porsi sendiri. Sudah banyak gerai di Jakarta yang menjual makanan ini bersamaan dengan takoyaki. Okonomiyaki ini sendiri sebenarnya gampang banget buatnya, cuma mesti ada dua bahan yang harus ada. Yaitu saus okonomiyaki dan abon bonito atau ikan cakalang.

Nah, kalau dua bahan itu udah ada, tinggal sayurannya aja yang tinggal disesuaikan dengan selera. Tapi kubis harus selalu ada sih kalau saya lihat lihat. Setelah itu, masak sesuai dengan selera. 

Ada satu okonomiyaki style yang agak berbeda dan saya coba pagi ini yaitu okonomiyaki gaya hiroshima. Dimana di dalamnya ada mie dan ditutup dengan telur. Sewaktu melihat videonya, terlihat agak ribet, tapi waktu dilakuin ternyata mudah kok. Yang penting wajannya gak lengket dan menggunakan dua spatula / codet supaya mudah membolak balikkan si okonomiyakinya.

 Fyi untuk mie yang saya pakai, dari indomie biasa aja. Dan untuk pengganti sakenya saya menggunkan campuran cuka apel, sirup jagung, dan garam. Hasilnya enaaak banget.. Pokoknya menu ini bisa dijadikan menu sarapan yang sempurnah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar